Cara Mudah Membuka Pola Kunci Layar Android yang Lupa atau Terblokir

Fungsi dari fitur keamanan (security) yang diterapkan pada sebuah perangkat Android, baik Tablet maupun Smartphone adalah untuk menjaga dan melindungi data-data penting milik penggunanya dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Cara Mengatasi Lupa akan Pola Kunci Layar Android
Nah... pada kesempatan kali ini HandRoot akan mencoba membahas mengenai salah satu fitur keamanan pada perangkat Android yang tergolong sangat sederhana namun mampu memberikan kenyamanan bagi para penggunanya.

Fitur Keamanan Android Pattern Lock Screen


Fitur keamanan apakah yang dimaksud? Yaitu fitur Pengunci Layar dengan Pola atau pola kunci layar (pattern lock screen). Banyak model atau bentuk pola yang bisa Anda buat, dari mulai pola yang paling mudah ditebak hingga bentuk pola yang paling sulit di tebak orang lain.

Berawal dari mudahnya membuat bentuk pola kunci layar pada Android, maka tak heran jika banyak pengguna yang sering melakukan perubahan atau bergonta-ganti pola dengan alasan biar tidak mudah ditebak atau dibuka oleh orang lain demi melindungi data privasinya.

Baca juga: Cara Melacak Hp Android yang Hilang atau Lupa

Namun jangan Anda anggap sepele, bahwa terlalu sering melakukan perubahan pada bentuk pola kunci layar (pattern lock screen) akan berakibat tidak bisa masuk ke menu utama yang dikarenakan faktor LUPA. All hasil Anda akan merasa bingung karena tidak dapat menggunakan Handphone tersebut.

Nah... Loo... kalo sudah lupa begini, bagaimana ini? Tenang-tenang, saya harap Anda tidak perlu cemas dan panik. Karena disini, HandRoot akan mencoba untuk berbagi sebuah Tips atau Cara untuk mengatasi (membuka/unlock) Pola Kunci Layar yang lupa disemua perangkat Android.

Cara Membuka (UnLock) Pola Kunci Layar Android yang Lupa


Berikut Cara-cara Mengatasinya;

1. Dengan Cara Menggunakan Akun Google (Gmail)

  • Dengan rasa panik pastinya Anda akan selalu mencoba untuk mengingat-ingat bentuk pola kunci yang lupa tersebut. Dan ternyata setelah Anda mencoba berulang kali memasukan bentuk pola yang salah sebanyak 5x, maka akan muncul pemberitahuan (notifikasi) dalam bentuk pilihan: Panggilan Darurat (Emergency Call) dan Lupa Pola (Forgot Pattern).
  • Sialahkan Anda pilih Tap Lupa Pola (Forgot Pattern).
  • Namun sebelumnya, pastikan perangkat Android Anda sudah terhubung ke jaringan internet, baik melalui paket data yang Anda gunakan maupun melalui Wi-Fi. 
  • Lalu masukkan Username dan Password akun Gmail yang Anda gunakan pada perangkat Android tersebut.
  • Kemudian pilih Tap Masuk (Sign In).

Dan jika berhasil, itu berarti Anda sudah bisa menggunakan perangkat Android tersebut. Namun jika belum, silahkan Anda gunakan cara yang kedua berikut ini;

2. Dengan Cara Melakukan Panggilan (Telepon)

  • Silahkan Anda lakukan panggilan (telepon) pada nomorHP yang ada pada Ponsel Android yang terblokir atau terkunci pola tersebut dengan menggunakan Handphone lain.
  • Lalu tekan tombol jawab dan jangan sampai panggilan terputus (panggilan jangan ditutup).
  • Kemudian klik tombol HOME dilanjutkan ke menu Pangaturan lalu cari Tap Kunci Layar dan non-aktifkan (disable) setelan Pola Kunci Layar tersebut.

Dan jika berhasil, itu berarti Anda sudah bisa menggunakan perangkat Android tersebut. Namun jika belum, silahkan Anda gunakan dengan cara terakhir berikut ini;

3. Dengan Cara Factory Reset (Hard Reset)

  • Hampir semua permasalah yang ada pada perangkat Android baik itu Tablet maupun Smartphone yang berhungan dengan sistem operasi Android akan terselesaikan dengan cara ini, yaitu: Factory Reset.
  • Karena dengan menggunakan cara Factory Reset ini sama halnya kita mengembalikan perangkat Android ke setelan awal (pabrik) alias menjadi seperti baru lagi
  • Oleh sebab itu, jika Anda menggunakan cara ini, mau tidak mau Anda harus merelakan semua data maupun file yang tersimpan didalam memori internal, karena jika data yang tersimpan didalam memori eksternal bisa Anda amankan terlebih dahulu dengan cara melepas kartu memori eksternal tersebut sebelum melakukan Factory Reset (Hard Reset).
  • Dan untuk lebih jelasnya bagaimana cara melakukan Factory Reset silahkan Anda buka menu dibawah ini:

● Cara Factory Reset (Hard Reset) di Ponsel Android

  • Langkah terakhir tinggal me-Restart perangkat Android Anda.

Mudah-mudah dengan Anda menggunakan salah satu cara diatas, perangkat Android Anda sudah kembali normal. Artinya Pola Kunci Layar (Pattern Lock Screen) yang tadinya lupa sudah dapat diatasi sendiri tanpa harus membawa ke tukan jasa service Handphone.

Sekian dan TerimaKasih.