Cara Melacak Smartphone Android Yang Hilang atau Lupa

Cara Melacak Smartphone Android Yang Hilang atau Lupa - Smartphoneku hilang....!!! Teriakan spontanitas seperti itulah yang keluar dari seseorang yang sedang mengalami musibah kehilangan smartphone androidnya. Nah... melihat dari kepanikan seseorang yang sedang mengalami kehilangan smartphone kesayanganya, maka artikel ini saya anggap bersifat emergency (darurat). Oleh karena itu mari kita langsung saja ke inti pembahasan agar bisa lebih cepat untuk menemukan keberadaan smartphone android yang hilang tersebut

Melacak Smartphone yang Hilang atau Lupa

Tips dan Trik Melacak Smartphone Android yang Hilang
#1. Sebelum anda melacak keberadaan smartphone yang hilang, pastikan anda ingat akan akun @gmail yang digunakan pada smartphone yang hilang tersebut.
Akun gmail untuk melacak android
#2. Jika anda ingat akun @gmail-nya langsung saja anda buka laptop atau pinjam smartphone milik teman dan segeralah kunjungi alamat ini;
www.google.com/android/devicemanager
lalu langsung saja klik Login/Sign In (masuk) dengan menggunakan akun @gmail yang digunakan pada smartphone yang hilang tersebut.
Fitur Android Device Manager untuk Melacak
#3. Jika anda berhasil Login/SignIn (masuk) ke website; Android Device Manager, maka munculah informasi mengenai jenis tipe dari smartphone yang sedang dilacak atau yang hilang tersebut.
GPS melacak Andeoid
* jika akun @gmail anda digunakan pada beberapa smartphone android, maka pilihlah smartphone anda yang hilang (lihat gambar lingkaran 1 diatas)

#4. Selanjutnya anda tinggal menge-klik Location Device (lihat gambar lingkaran 2 diatas) untuk mengetahui tempat dan lokasi keberadaannya smartphone yang hilang tersebut. Dan jika posisi anda sudah dekat dengan lokasi dimana smartphone anda berada, maka untuk memastika tempat keberadaanya smartphone yang hilang tersebut langkah yang harus anda lakukan adalah menderingkan smartphone tersebut dengan cara menekan (menge-klik) icon Ring seperti pada gambar dibawah ini.

Selain itu, menderingkan smartphone melalui Device Manager ini dapat digunakan untuk mencari atau melacak smartphone yang dalam keadaan di Silent (dimatikan nada dan suaranya) dan lupa tempat menaruhnya (menyimpannya). Nah...dengan mengaktifkan Ring ini, maka smartphone yang di silent tersebut akan berdering selama 5 menit atau bisa juga anda seting per 3 menit, jadi smartphone yang di silent tersebut akan terus berdering setiap 3 menit sekali.
Android Device Manager Ring

#5. Pada langkah yang kelima ini dapat dikatakan sebagai langkah pengamanan yang pertama, karena jika keberadaan smartphone yang hilang belum juga ditemukan atau sudah ditemukan tapi tempat dan lokasinya jauh, maka yang harus anda lakukan adalah mengamankan smartphone tersebut dengan cara menge-klik tombol kuncian/lock (lihat gbr dibawah) pada menu Device Manager agar orang yang menemukan (memegang) smartphone anda tidak dapat membukanya.
Android Device Manager Lock
Nah...pada saat anda menge-klik tombol kunci (lock), akan ada perintah untuk membuat password baru dan password ini yang nantinya digunakan untuk membuka kembali smartphone yang hilang tersebut jika sudah ditemukan. Selain itu anda juga bisa menampilkan pesan singkat beserta nomorHP yang nantinya akan muncul di layar smartphone yang hilang. Maksud dan tujuan dari menampilkan pesan tersebut tak lain adalah agar orang yang merasa menemukan (memegang) smartphone anda mau mengembalikannya. Dan jika anda beruntung, Ingat!!! jangan sampai lupa untuk mengucapkan Terimakasih kepada orang yang sudah mau mengembalikan smartphone anda.
Pesan singkat Device Manager
#6. Lanjut ke langkah pengamanan terakhir atau bisa disebut sebagai langkah pamungkas jika memang tidak ada tanda-tanda akan kembalinya smartphone anda yang hilang. Langkah pengamanan terakhir yang dimaksud disini adalah suatu langkah yang akan menghapus semua data-data penting pribadi anda yang tersimpan didalam smartphone yang hilang tersebut, dengan cara menge-klik tombol Erase yang terdapat pada menu Android Device Manager (lihat gambar dibawah)
Android Device Manager erase
Nah...begiluh cara cepat untuk melacak smartphone android yang hilang karena dicuri atau lupa menaruhnya (menyimpanya), semoga tips ini dapat membantu anda yang saat ini mungkin sedang panik karena mengalami musibah kehilangan atau kelupaan menyimpan.

Semoga bermanfaat dan Terima Kasih