Apa itu: Factory Reset, Hard Reset dan Flashing di Android

Dari ketiga istilah yang saya sebutkan pada judul artikel kali ini (Factory Reset, Hard Reset dan Flashing), saya yakin Anda sebagai pemilik dan pengguna Smartphone "Android" pastinya sudah sering kali mendengarnya. Namun tidak menutup kemungkinan juga masih banyak teman-teman kita yang belum mengetahui secara jelas dari ketiga istilah tersebut. Nah... berdasarkan alasan inilah yang membuat saya berkeinginan untuk mencoba menjabarkan secara detail mengenai apa itu Hard Reset, Factory Reset dan Flashing di Android.

Apa itu: Factory Reset, Hard Reset dan Flashing di Android

Akan tetapi sebelum kita membahas lebih lanjut, tidak ada salahnya jika Anda membaca terlebih dahulu mengenai Istilah-istilah yang wajib diketahui bagi pengguna Android. Karena didalam artikel tersebut sebenarnya sudah pernah saya singgung sedikit mengenai istilah Hard Reset, Factory Reset dan Flashing. Yangmana inti dari ketiga istilah tersebut adalah merupakan suatu opsi (pilihan) untuk melakukan tindakan perbaikan ketika sistem operasi yang ada pada Smartphone "Android" Anda mengalami masalah alias error dan berikut adalah penjelasan dari ketiga istilah tersebut;

Mengenal Istilah Factory Reset, Hard Reset dan Flashing di Android


# Factory Reset


Sebagai pemilik dan pengguna Smartphone Android pastinya tahu dong... dimana letak menu Factory Reset? Nah... bagi yang memang belum tahu akan letak menu Factory Reset, silahkan Anda buka dan cari saja didalam menu Pengaturan (Settings) Smartphone Android Anda. Dan jika setelan bahasa yang Anda gunakan adalah bahasa Indonesia, maka arti dari Factory Reset adalah Reset Data Pabrik atau yang dikenal dengan sebutan Soft Reset.

Jadi pengertian daripada Factory Reset adalah merupakan suatu cara untuk mengembalikan settingan Smartphone Android ketika mengalami masalah pada software (sistem operasi) ke kondisi semula (default pabrikan) atau seperti waktu pertama kali Anda baru membeli Smartphone tersebut. Artinya jika Anda melakukan Factory Reset semua data yang tersimpan di memoriHP (internal) akan hilang (kecuali aplikasi bawaan/bloatware) dan akan kembali ke pengaturan awal. Selain itu Factory Reset juga merupakan satu-satunya menu yang ditampilkan didalam menu Pengaturan (Settings) untuk melakukan tindakan perbaikan ketika ada kesalahan yang terjadi pada sistem Smartphone Android. Baca juga: Cara Mengembalikan Hp Android Seperti Baru Lagi.

# Hard Reset


Pengertian dari istilah Hard Reset ini sebenarnya intinya hampir sama dengan Factory Reset yaitu sama-sama untuk memperbaiki kerusakan pada software atau pada sistem operasi Android, namun hanya caranya saja yang berbeda. Jika menggunakan jalur Factory Reset kondisi Smartphone Anda masih bisa nyala alias masih bisa masuk ke halaman menu, namun jika kondisi Smartphone tidak bisa masuk ke halaman menu utama (home) alias tidak bisa booting secara sempurna atau gagal booting atau hanya sampai logo saja alias bootloop barulah menggunakan jalur Hard Reset.

Nah... yang sering menjadi pertanyaan disini, dimana letak keberadaannya menu Hard Reset tersebut? Kan...jika menu Factory Reset itu ditampilkan melalui Antar Muka (User Interface) pada menu Pengaturan (Setting), lalu jika Hard Reset itu dimana, kok... saya cari-cari di menu Pengaturan tidak ada ya? Begini ceritanya ...hehe... sebenarnya maksud daripada Hard Reset ini mungkin lebih mengarah ke istilah suatu nama tindakan perbaikan ketika ada kerusakan yang terjadi pada sistem operasi (software) Android.

Jadi secara gampangnya begini, jika Smartphone Android Anda mengalami kerusakan pada sistem operasi ataupun pada softwarenya atau Anda sudah mencoba memperbaiki melalui jalur Factory Reset namun tidak berhasil, maka opsi keduanya adalah dengan cara melalui Hard Reset. Nah... untuk melakukan proses Hard Reset, caranya Anda harus masuk ke menu Recovery Mode terlebih dahulu. Dan untuk mengetahui lebih jelasnya langsung saja menuju ke Cara Masuk Recovery Mode di semua Hp Android.

# Flashing


Sampailah kita pada tahap pembahasan yang terakhir, yaitu Flashing. Nah.. pengertian dari istilah flashing itu sendiri adalah suatu proses install ulang terhadap sistem operasi (software / firmware) Android. Dimana proses install ulang (flashing) ini merupakan opsi terakhir dalam memperbaiki segala kerusakan yang terjadi pada sistem operasi (software / firmware) Smartphone Android yang sudah tidak bisa diatasi dengan cara melalui Factory Reset maupun Hard Reset.

Demikianlah penjelasan dari istilah: Factory Reset, Hard Reset dan juga Flashing yang bisa HandRoot sampaikan. Dan untuk mengetahui tentang bagaimana cara install ulang (flashing) di semua merk dan tipe Hp Android, mungkin akan segera saya bahas di artikel selanjutnya. Sekian dan Semoga bermanfaat.

Terimakasih