Tips bagi Anda yang akan Membeli dan Memilih Smartphone

Tips bagi Anda yang akan Membeli dan Memilih Smartphone - Dari sekian banyak orang jika ditanya untuk memilih sebuah smartphone saya yakin jawaban dari mereka hampir sama semua, yakni "memilih Smartphone yang harganya murah, spesifikasinya tinggi, awet serta memiliki fitur yang lengkap". Nah... jika memang jawabannya seperti itu, berarti tidak ada bedanya dengan pilihan yang saya idam-idamkan hehehe...

Tips bagi Anda yang akan Membeli dan Memilih Smartphone

Tetapi apa boleh dikata jika Smartphone yang menjadi idaman pilihan banyak orang (termasuk saya) tersebut, ternyata memiliki harga yang relatif mahal. Namun seiring dengan berjalannya waktu kini sudah begitu banyak Smartphone (terutama yang menggunakan sistem operasi Android) yang beredar dipasaran dengan harga yang relatif terjangkau alias murah yang sudah dibekali spesifikasi tinggi serta dilengkapi dengan berbagai fitur terbaru.

Nah... mengingat begitu banyak Smartphone yang beredar saat ini, maka tak heran jika banyak para calon konsumen yang menjadi bingung ketika akan membeli dan memilih sebuah Smartphone yang diinginkannya. Oleh sebab itu, di waktu yang luang ini saya berinisiatif untuk memberikan sebuah Tips yang mungkin dapat untuk dijadikan sebagai gambaran ketika Anda akan membeli dan memilih sebuah Smartphone yang tentunya bisa sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tips bagi Anda yang akan Membeli dan Memilih Smartphone


1. Memilih Smartphone dari segi Sistem Operasi-nya


Sebagaimana Anda ketahui bahwa saat ini ada 4 jenis sistem operasi mobile (ponsel) yang hingga kini masih populer, yakni: OS Android, iOS, Windows Phone dan BlackBerry. Nah... dari masing-masing sistem operasi mobile yang ada, tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan. Berikut adalah sedikit ulasan mengenai dari keempat sistem operasi (OS) mobile yang ada:

# OS Android
Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa Smartphone yang menggunakan sistem operasi Android kini sedang benar-benar menguasai pangsa pasar ponsel. Pasalnya OS Android ini memiliki segudang kelebihan, diantaranya:

  • Mudah digunakan (user friendly)
  • Harganya yang relatif murah
  • Banyak pilihannya
  • Kaya akan fitur-fitur yang canggih
  • serta Memiliki toko aplikasi tersendiri (Play Store), yang mana didalamnya tersedia berbagai aplikasi dan game yang dapat di download secara gratis oleh penggunanya

Baca juga: Cara Mengatasi Play Store yang Error

Namun dibalik kelebihan yang dimiliki OS Android pastinya ada kekurangannya dan salah satunya adalah mudah terserang virus maupun malware.

# iOS (iPhone Operating System)
iOS merupakan sistem operasi mobile yang bisa kita temui pada Smartphone buatan Apple, seperti iPhone. Nah... Smartphone yang diproduksi oleh Apple ini memang sudah sangat diakui terutama dari segi kualitas dan juga keamanannya. Namun yang menjadi kendala disini adalah dari segi harga, karena kebanyak dari produk bikinan Apple ini rata-rata memiliki harga selangit alias mahal.

Baca juga:



# Windows Phone
Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa windows phone merupakan sistem operasi mobile yang dikembangkan microsoft yang sangat terkenal akan kecepatannya serta kemudahannya dalam berintegrasi dengan perangkat Windows lainnya, selain itu, Smartphone windows phone ini juga terkenal dengan tampilannya yang sangat elegan.

# BlackBerry
Berbicara mengenai sistem operasi BlackBerry saya yakin Anda sudah mengetahuinya melalui media-media sosial yang mengabarkan bahwa saat ini BlackBerry sudah tidak diproduksi lagi, jadi dengan demikian saya rasa tidak perlu dibahas lebih jauh. Namun pada intinya sistem operasi BlackBerry ini mengutamakan privasi dan keamanan, oleh sebab itu walaupun kabarnya sudah tidak diproduksi lagi, sistem operasi BlackBerry ini tetap saja patut untuk kita acungi jempol.

2. Memilih Smartphone dari segi Kinerja-nya


Seperti halnya komputer maupun laptop, Smartphone ini juga memiliki beberapa komponen penting yang dapat mempengaruhi sistem kinerjanya dan salah satunya adalah Prosesor atau CPU (Central Processing Unit). Nah... untuk itu jika Anda akan membeli dan memilih sebuah Smartphone usahakan yang memiliki prosesor tingkat tinggi. Karena semakin tinggi tingkat Prosesor-nya (CPU-nya), maka Smartphone tersebut pastinya mempunyai performa kinerja yang maksimal.

Dan berikut saya informasikan daftar urutan kecepatan prosesor yang kini banyak digunakan pada Smartphone mulai dari tingkat yang paling rendah ke yang tinggi:

  • Single Core (1 Prosesor)
  • Dual Core (2 Prosesor)
  • Quad Core (4 Prosesor)
  • Hexa Core (6 Prosesor)
  • Octa Core (8 Prosesor)

Namun performa kinerja dari pada Smartphone tersebut tidak hanya dari faktor Prosesornya saja, tapi dari faktor memori RAMnya juga. Nah... yang perlu Anda ingat disini adalah semakin tinggi tingkat Prosesor dan memori RAM yang digunakan, maka semakin tinggi pula harga dari Smartphone tersebut.

Baca juga:



3. Memilih Smartphone dari segi Kapasitas Penyimpanan


Memiliki kapasitas penyimpanan atau memori yang besar dan juga ideal (baik itu memori internal, memori eksternal maupun memori RAM) tentunya akan membuat Anda lebih leluasa dan lebih nyaman ketika Anda akan menyimpan berbagai aplikasi, game dan juga data-data penting lainnya. Maka dari itu pilihlah Smartphone yang memiliki memori internal minimal 8 GB dengan RAM minimal 1 GB.

4. Memilih Smartphone dari segi Daya Tahan Baterai


Ketahanan daya baterai pada sebuah Smartphone memang sangat diperlukan, karena dengan semakin besar daya tahan dari sebuah baterai tentunya akan membuat kita bisa menggunakan Smartphone dengan durasi yang cukup lama. Nah... untuk itu pilihlah Smartphone yang memiliki kapasitas baterai lebih dari 2600 mAh (mili Ampere hour).

Baca juga:



Demikian beberapa Tips yang bisa HandRoot sampaikan, mudah-mudahan dengan apa yang sudah saya jelaskan diatas dapat dijadikan sebagai acuan ketika Anda akan membeli dan memilih sebuah Smartphone. Sekian dan Semoga Bermanfaat.

TerimaKasih.