Mengatasi Download Aplikasi Tidak Cukup Ruang pada Perangkat Android

Berbicara mengenai maksud dari Tidak Cukupnya Ruang pada Perangkat "Android", tentunya Anda akan langsung menebak bahwa tempat ruang penyimpanan alias memori yang terdapat pada perangkat Smartphone Android telah terisi penuh dengan berbagai file dan aplikasi.

Seperti halnya yang sudah pernah HandRoot bahas pada artikel sebelumnya yaitu mengenai:


Nah... inti dari tujuan kedua artikel tersebut, sebenarnya hampir sama dengan pembahasan yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini, yaitu: Mengatasi Download Aplikasi Tidak Cukup Ruang pada Perangkat Android guna memaksimalkan kinerja dari pada Smartphone Android itu sendiri.

Mengatasi Download Aplikasi Tidak Cukup Ruang pada Perangkat Android

Namun pada trik yang akan saya sampaikan sekarang ini, mungkin akan lebih mengarah kepada para pengguna Smartphone Android dengan merek OPPO yang khususnya menggunakan Custom ROM Color OS dan pengguna Android lain pada umumnya.

Yang Menjadi Penyebab Munculnya Pesan Kesalahan


Munculnya suatu masalah, seperti pesan kesalahan: Tidak Cukup Ruang pada Perangkat ketika Anda akan mengunduh (mendownload) maupun menginstall salah satu aplikasi dari Google Play Store tentunya bukan tidak mungkin ada asal muasal penyebabnya.

Nah... secara umum tentunya Anda sendiri sudah bisa menebak jawaban dari penyebab munculnya pesan kesalah ini, yaitu: kalo bukan karena memori internal bawaan yang kecil ya... dikarena memori internal sudah terisi penuh dengan berbagai aplikasi dan game.

Jika memang yang menjadi penyebab dikarenakan memorinya yang sudah penuh, untuk mengatasinya sebenarnya sangat mudah yaitu dengan cara menghapus beberapa file atau aplikasi yang sekiranya sudah tidak diperlukan lagi.

Namun bagaimana jika pesan kesalahan ini muncul tapi ruang (space) memori internal masih terlihat lega dan belum banyak terinstall aplikasi? Nah... berikut adalah cara-cara untuk mengatasi masalah dengan pesan kesalahan: Tidak Cukup Ruang pada Perangkat;

Mengatasi Tidak Cukup Ruang pada Perangkat Android


1. Pertama rubahlah setingan penyimpanan ke SD Card (kartu memori), karena secara default ketika kita mendownload dan menginstall suatu aplikasi (game) secara otomatis akan tersimpan di memori internal

Caranya:
* Buka menu Pengaturan
* Lalu pilih Tap Penyimpanan
* Kemudian pilih Penyimpanan di SD Card (Kartu Memori)

2. Langkah yang kedua Memindahkan Aplikasi dan Game yang sudah terinsatll di memori internal ke memori eksternal.

Caranya:
* Buka menu Pengaturan
* Kemudian pilih Kelola Aplikasi
* Lalu buka Tap Diinstall
* Setelah itu Anda tinggal memilih aplikasi mana yang akan Anda pindahkan ke karti memori (SD Card)

Demikian cara untuk Mengatasi Download Aplikasi Tidak Cukup Ruang pada Perangkat Android "OPPO yang masih menggunakan Custom ROM Color OS".

Sekian dan TerimaKasih.