Cara Jitu Mengatasi Play Store Error yang Tidak Dapat di Buka

Sebagaimana Anda ketahui bahwa Google Play Store merupakan aplikasi bawaan (bloatware) yang bisa Anda temui pada Smartphone-smartphone yang menggunakan sistem operasi (OS) Android. Dimana Play Store ini sendiri mempunyai fungsi sebagai tempat untuk mendownload juga meng-update berbagai macam konten digital, seperti: aplikasi, game, musik, video, buku dan lain sebagainya. Dan dari kesemua konten digital yang tersedia di Play Store dapat kita unduh (download) secara gratis namun ada juga yang berbayar.

Cara Mengatasi Play Store yang Error di Android

Nah... dari sedikit penjelasan diatas, maka dapat kita simpulkan bahwa Play Store ini merupakan salah satu aplikasi penting yang tidak bisa dipisahkan dengan Smartphone-smartphone yang berbasis OS Android. Selain itu banyak juga yang mengatakan bahwa Play Store ini, merupakan toko online-nya Google yang menyediakan berbagai produk konten digital guna melayani kebutuhan para penggunanya akan berbagai macam aplikasi-aplikasi yang dibutuhkannya.

Baca juga:



Jadi wajar saja jika ada pengguna yang merasa panik dan kaget ketika akan men-download maupun meng-update suatu aplikasi ternyata Play Store-nya mengalami masalah, entah itu dikarena tidak dapat dibuka maupun berhenti secara tiba-tiba yang disertai dengan munculnya pesan error (pop-up). Nah... untuk itu sebelum saya memberikan jawaban mengenai bagaimana cara mengatasinya, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa yang sekiranya menjadi penyebab Play Store Error yang Tidak Dapat di Buka.

Penyebab Play Store menjadi Error


Dibawah ini adalah beberapa faktor yang kemungkinan bisa menyebabkan Google Play Store error sehingga tidak dapat kita buka;

1. Jaringan Internet Buruk
Sebagaimana kita ketahui bahwa untuk menjalankan atau membuka aplikasi Play Store diperlukan koneksi internet. Nah... jika posisi Anda berada di suatu tempat yang kualitas jaringan internetnya kurang bagus maka hal ini bisa menyebabkan Play Store tidak dapat dibuka. Mungkin bukan hanya Play Store saja, tapi semua aplikasi yang membutuhkan koneksi internet seperti: WhatsApp, Facebook dan lainnya juga tidak dapat dibuka.

2. Setelan Tanggal dan Waktu
Jika pengaturan tanggal dan waktu di perangkat Android tidak sesuai dengan jaringan operator seluler yang Anda gunakan, dapat mempengaruhi tidak bisa terbukannya aplikasi Google Play Store. Pasalnya hampir semua aplikasi yang berjalan menggunakan koneksi internet, setelan tanggal dan waktunya harus sinkron.

3. Memori RAM terlalu Penuh
Terlalu banyak menginstall aplikasi akan membuat memori RAM cepat penuh, all hasil ketika kita akan membuka aplikasi yang membutuhkan RAM besar seperti Play Store maka akan mengalami kendala. Oleh sebab itu hapuslah aplikasi-aplikasi yang sekiranya tidak terlalu diperlukan atau bisa juga dengan cara menutup terlebih dahulu aplikasi lain ketika Anda akan membuka Play Store.

4. Banyaknya File Sampah (Cache)
Menumpuknya file-file sampah (cache) didalam perangkat Android, tentunya dapat mengganggu performa daripada kinerja Smartphone itu sendiri. Sehingga ketika kita akan membuka Play Store menjadi terganggu yang akhirnya tidak dapat di buka. Untuk itu rajin-rajinlah selalu membersihkan file-file sampah (cache), agar performa Android Anda menjadi lebih ringan.

Baca juga: Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android

Itulah beberapa faktor kemungkinan yang bisa menyebabkan Play Store menjadi error. Nah... untuk itu mari kita langsung saja lanjut ke pokok pembahasan kali ini.

Cara Mengatasi Play Store Error di Hp Android


Dan berikut adalah Cara Jitu untuk Mengatasi Play Store Error yang Tidak Dapat di Buka;

1. Hapus File Cache dan History
Dengan cara yang pertama ini merupakan cara paling dasar dan paling mudah dilakukan untuk mengatasi masalah ini, yaitu dengan membersihkan file cache dan history pada aplikasi Play Store, berikut caranya:

  • Buka Smartphone Android Anda seperti biasanya
  • Kemudian langsung menuju ke menu Pengaturan
  • Lalu cari dan buka Manager Aplikasi
  • Setelah itu pilih tab Semua
  • Lalu cari dan buka aplikasi Play Store
  • Kemudian ketuk Hapus Cache dan Hapus Data

Jika setelah menggunakan cara yang pertama dirasa belum menyelesaikan masalah, silahkan Anda ikuti langkah yang kedua berikut ini:

2. Install Ulang Play Store
Sebelum melakukan dengan cara yang kedua ini, pastikan Anda sudah mendownload terlebih dahulu aplikasi Play Store dalam bentuk format APK. Setelah itu silahkan Anda hapus (un-install) aplikasi Play Store-nya kemudian install kembali dengan menggunakan Play Store APK yang sudah di download sebelumnya, kemudia Restart Smartphone Android Anda.

Baca juga:



Dan jika dengan proses install ulang masih tetap belum menyelesaikan masalah, langkah terakhir yang harus lakuka adalah sebagai berikut:

3. Factory Reset (Kembali ke Pengaturan Awal/Pabrik)
Pada langkah ketiga ini merupakan jurus terakhir yang dapat diyakini mampu mengatasi segala masalah kerusakan pada sistem software Android. Namun sebelum Anda melakukan proses factory reset, sebaiknya backup terlebih dahulu semua data maupun file yang tersimpan didalam memori Android Anda. Nah... setelah itu silahkan Anda ikuti langkah-langkahnya:
  • Buka Smartphone Android Anda seperti biasanya
  • Kemudian langsung menuju ke menu Pengaturan
  • Lalu cari dan buka Cadangkan & Reset
  • Setelah itu pilih Reset Data Pabrik
  • Lalu klik Reset Perangkat
  • Kemudian tunggu hingga proses selesai
Baca juga: Cara Melakukan Factory Reset di Semua Hp Android

Nah... begitulah Cara Jitu untuk Mengatasi Play Store Error yang Tidak Dapat di Buka. Mudah-mudahan trik yang saya sampaikan kali ini dapat membantu Anda semua dalam menyelesaikan masalah Google Play Store. Selamat mencoba dan TerimaKasih.