Tentang Perbedaan Baterai Removable dengan Non Removable

Inovasi adalah sebuah kata yang selalu melekat mengiringi perkembangan Smartphone dari masa ke masa guna meningkatkan kemampuan dari pada Smartphone itu sendiri. Nah... salah satu inovasi yang dilakukan oleh para produsen Smartphone yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah mengenai peningkatan kemampuan daya simpan baterai agar menjadi lebih awet dan tahan lama saat Smartphone digunakan.

Tentang Perbedaan Baterai Removable dengan Non Removable

Dari hasil tersebut terciptalah jenis baterai Lithium Polymer (Li-po) sebagai bentuk inovasi dari jenis baterai Lithium Ion (Li-ion) yang sebelumnya telah banyak digunakan pada Smartphone. Selain memiliki durasi pemakaian yang tahan lama alias awet, jenis baterai Lithium Polymer (Li-po) ini diyakini mampu menyimpan daya baterai yang cukup panjang sehingga pengguna Smartphone tidak perlu khawatir akan cepat kehabisan daya baterai.

Dengan kemampuan yang dimiliki jenis baterai Lithium Polymer (Li-po) ini, tentunya membuat para produsen Smartphone yang semula menggunakan jenis baterai Lithium Ion (Li-ion) beralih untuk menggunakannya. Namun dari kedua jenis baterai tersebut (Li-ion dan Li-po) tentunya memiliki perbedaan kelebihan dan kekurangan, diantaranya adalah sebagai berikut;

Baca juga:



Tentang Perbedaan Baterai Removable dengan Non Removable


Perbedaan yang nampak jelas dari kedua jenis baterai antara Lithium Ion (Li-ion) dengan Lithium Polymer (Li-po) adalah;

Jika ada sebuah Smartphone yang menggunakan jenis baterai Li-ion itu artinya, baterai tersebut dapat dengan mudah di lepas alias jenis baterai Removable. Tapi jika ada sebuah Smartphone yang spesifikasinya menggunakan jenis baterai Li-po itu tandanya baterai tersebut tidak dapat di lepas alias menempel nyatu dengan body atau yang disebut dengan istilah jenis baterai Non Revovable.

Jadi gampangannya begini, baterai Lithium Ion (Li-ion) adalah jenis baterai yang mudah di lepas dan dipasang kembali, sedangkan baterai Lithium Polymer (Li-po) jenis baterai yang tidak dapat dilepas. Nah... dari perbedaan yang ada, kedua jenis baterai ini tentunya memiliki kelebihan dan juga kekurangan, berikut ulasannya;

Kelebihan jenis baterai Lithium Ion (Removable):

- jika baterai rusak kita bisa menggantinya sendiri
- banyak tersedia di pasaran alias mudah dicari
- harganya terjangkau alias murah
- perawatannya mudah

Kekurangan jenis baterai Lithium Ion (Removable):

- tidak tahan jika dicas semalaman (berlebihan)
- umur baterai relatif pendek
- tidak tahan dalam suhu yang panas
- mudah rusak (tergantung pemakaian)

Kelebihan jenis baterai Lithium Polymer (Non Removable):

- lebih aman alias tidak mudah panas
- lebih ramah lingkungan
- awet dan tahan lama
- ringan

Kekurangan jenis baterai Lithium Polymer (Non Removable):

- butuh keahlian khusus ketika mengganti baterai
- harganya yang relatif mahal
- masih jarang tersedia di pasaran alias masih susah
- jika ada kerusak harus ke service center

Nah... demikianlah kira-kira ulasan yang bisa HandRoot sampaikan mengenai Perbedaan Kelebihan dan Kekurangan dari jenis Baterai Removable dengan Non Removable. Sekian dan Semoga bermanfaat.

Terimakasih.