Masalah yang Paling Sering Dijumpai pada Android dan Solusinya

HandRoot - Masalah dan Solusi adalah dua buah kata pasti yang tidak bisa kita hindari dan akan selalu muncul menemani dari pertama kali kita menggunakan sebuah Smartphone Android. Entah itu masalah pemahaman cara penggunaannya maupun masalah-masalah lain yang ada kaitannya dengan sistem operasi Android itu sendiri.

Masalah yang Paling Sering Dijumpai pada Android dan Solusinya

Nah... berbicara soal masalah tentunya ada solusinya, seperti yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini, yaitu mengenai Masalah yang Paling Sering Dijumpai pada Android dan Solusinya. Sebagai pengguna tentunya hal semacam ini tidak ada yang menginginkannya, namun jika sudah terjadi apa boleh dikata yang ada kita hanya bisa mencari solusi untuk memperbaikinya.

Jadi intinya jika smartphone Android yang Anda gunakan mengalami masalah, Anda tidak perlu panik, karena HandRoot akan mencoba berbagi tips dan trik untuk mengatasi masalah yang paling sering terjadi pada sistem operasi Android. Dan berikut adalah beberapa Masalah yang mungkin saat ini sedang Anda alami lengkap dengan solusinya;

Masalah Error yang Paling Sering Terjadi pada Android dan Solusinya


1. Masalah pertama yang sering terjadi adalah HANG


Hang merupakan salah satu masalah yang sering atau umum terjadi pada OS Android, pasalnya dari kebanyakan pengguna mungkin karena kurang kontrolnya akan pemakaian memori internal (RAM dan ROM) yang terlalu penuh. Sehingga sistem operasi Android menjadi lambat dan mengakibatkan HANG.

Solusinya adalah:
- menghapus aplikasi dan game yang sudah atau tidak Anda perlukan lagi
- memindahkan aplikasi dan game yang tersimpan di memori internal ke memori eksternal
- rutin dalam menghapus file sampah (cache) yang dalam hal ini Anda bisa menggunakan bantuan dari aplikasi pembersih file sampah, seperti: CLEAN MASTER dan App CACHE CLEANER

2. Masalah selanjutnya adalah Baterai Android Cepat Habis


Salah satu faktor yang menjadi penyebab cepat habisnya daya baterai pada Smartphone Android Anda adalah pemakaian yang tidak wajar alias berlebihan.

Solusinya adalah:
- hindari pemakaian Smartphone yang berlebihan
- redupkan atau kurangi tingkat kecerahan layar
- matikan fitur-fitur yang sedang tidak digunakan

3. Suhu Android Cepat Panas


Permasalah dengan tingkat suhu pada Smartphone Android yang semakin cepat panas juga merupakan masalah yang kerap kali dialami oleh pengguna. Sebenarnya banyak faktor yang bisa meningkatkan suhu Android menjadi panas, diantaranya:
- Adanya kerusakan pada Baterai
- Menjalankan Aplikasi secara bersamaan (multitasking)
- Sistem Android terinveksi Virus/Malware
- Sinyal atau Jaringan Seluler

Solusinya bisa Anda baca pada artikel sebelumnya yang membahas: Suhu Android Cepat Panas

4. Aplikasi Android mendadak berhenti


Untuk kasus yang satu ini biasanya umum terjadi pada Android, lantaran pengguna terlalu banyak meng-install aplikasi dan game sehingga memori RAM menjadi penuh. Jadi ketika Anda sedang menjalankan salah satu aplikasi atau game tiba-tiba muncul peringatan "Aplikasi ini Mendadak Terhenti"

Solusinya bisa Anda baca pada artikel sebelumnya yang membahas: Aplikasi Berhenti Mendadak (Force Close)

5. Layar Sentuh tidak Sensitif (Responsif)


Masalah pada Layar Sentuh (touch screen) yang tiba-tiba kurang atau tidak sensitif ini juga bisa dibilang sering dialami oleh pengguna Smartphone Android. Dan untuk mengetahui secara lengkapnya, silahkan Anda kunjungi: Layar Sentuh Tidak Berfungsi

6. Android mengalami BootLoop


BootLoop adalah suatu masalah dimana keadaan sistem Android tidak dapat melakukan proses awal (booting) sehingga tidak dapat masuk ke menu utama dan hanya menampilkan logo dari merk Smartphone yang Anda gunakan.

Solusinya bisa Anda baca pada artikel sebelumnya yang membahas: Cara Mengatasi BootLoop

Demikianlah pembahasan mengenai beberapa Masalah yang Paling Sering Dijumpai pada Android yang saya lengkapi dengan Solusinya.

Namun perlu juga Anda ketahui bahwa selain dari masalah-masalah yang sudah disebutkan diatas, sebenarnya masih banyak lagi permasalahan lain yang bisa muncul dan terjadi setiap saat, seperti:

7. Android Sering Restart Sendiri
8. Tombol Power ON/OFF Android Bermasalah
9. Munculnya Safe Mode pada Layar Android dan lain sebagainya...


Catatan:
Dari beberapa masalah yang sudah HandRoot sebutkan diatas bisa diatasi hanya dengan me-restart (mulai lagi) perangkat Android Anda.

Sekian dan Semoga Bermanfaat