Fungsi yang Tersembunyi dari Tombol Power Android

Tags

Fungsi yang Tersembunyi dari Tombol Power Android - Saat kali pertama menggunakan Smartphone berbasis OS Android saya langsung merasa lebih nyaman ketimbang waktu saya menggunakan Handphone sebelumnya. Jadi wajar saja jika saat ini banyak orang yang beralih dan memilih menggunakan Smartphone Android.

Fungsi yang Tersembunyi dari Tombol Power Android

Uniknya lagi, walaupun Smartphone Android hanya dibekali dengan sedikit tombol navigasi fisik (seperti: tombol Power On/Off, Home, Back, Menu (Recent) dan Volume), akan tetapi sistem operasi yang dimiliki Android begitu mudah untuk digunakan alias User Friendly. Maka dari itu tak heran jika saat ini kita banyak melihat anak kecil yang sudah bisa menggunakan Smartphone Android hehe...

Fungsi yang Tersembunyi dari Tombol Power Android


Ok, kita kembali lagi kejalur... Berbicara mengenai tombol navigasi fisik yang terdapat pada Smartphone Android, secara fungsi dari masing-masing tombol tentunya berbeda-beda. Namun tahukah Anda bahwa dari salah satu tombol Android yang ada mempunyai multi fungsi, lalu tombol apakah itu? Yaitu tombol Power.

Nah... mungkin yang selama ini masih banyak pengguna yang beranggapan bahwa tombol Power Android hanya sebatas untuk menghidupkan dan mematikan Smartphone Android saja. Namun harapan saya setelah Anda membaca artikel ini akan menjadi lebih tahu Fungsi yang Tersembunyi dari Tombol Power Android dan diantaranya adalah;

1. Untuk Mengunci Layar (Lock Screen)


Selain berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan perangkat, fungsi lain dari tombol power Android adalah untuk mengunci Layar. Tujuannya untuk mencegah agar layar tidak tersentuh secara tidak sengaja.

Namun jika Anda menginginkan lebih dari sekedar mengunci layar alias untuk keamanan, Anda bisa menambahkan kunci dalam bentuk POLA maupun PIN (password) dengan cara masuk ke menu Pengaturan yang ada di Smartphone Android Anda.

2. Untuk Mengaktifkan Mode Pesawat (Airplane Mode)


Dengan hanya menekan tombol power Android selama beberapa detik, maka Anda langsung bisa megaktifkan Mode Pesawat. Atau dengan kata lain fungsi lain dari tombol power juga bisa digunakan sebagai jalan pintas untuk mengaktifkan Mode Pesawat (Airplane Mode).

Selain untuk keselamatan maskapai penerbangan, Fitur Mode Pesawat (Airplane Mode) ini juga berfungsi untuk:
- Menghemat Baterai
- Mempercepat Pengisian Daya Baterai
- Merefresh Sinyal (Jaringan)
- Mempercepat Kinerja Android
dan lain sebagainya.

Baca juga:


3. Untuk Mengambil Gambar Layar (ScreenShot)


Fungsi lain yang ketiga dari tombok Power adalah jika dikombinasikan (ditekan secara bersamaan) dengan tombol Volume Up/Down, maka Smartphone akan menangkap gambar yang tampil pada layar Android dan tersimpan secara otomatis pada menu galery.

Akan tetapi perlu Anda ketahui bahwa untuk melakukan pengambilan screenshot di Android, selain tombol power dikombinasikan dengan tombol volume ada juga yang dikombinasikan dengan tombol home. Yang jelas tergantung dari jenis tipe dan merek Smartphone Android Anda.

4. Untuk Masuk ke Recovery Mode


Recovery Mode adalah menu yang terdapat didalam sistem Android yang berguna untuk memperbaiki jika ada kerusakan pada software Android itu sendiri. Nah... untuk dapat masuk ke menu recovery mode kita harus menggunakan kombinasi tombol antara tombol power + tombol volume dan tombol menu.

Dan untuk lebih jelas Anda bisa menuju ke Cara Masuk ke Menu Recovery Mode Android.

5. Untuk Mengaktifkan ke Mode Aman (Safe Mode)


Fungsi lain yang kelima dari tombol power adalah dapat dimanfaatkan untuk masuk ke fitur safe mode dengan cara:
- matikan terlebih dahulu smartphone Andeoid Anda
- lalu tekan dan tahan tombol power
- setelah proses boot sedang berjalan, silahkan Anda tekan dan tahan tombol volume Up dan Down secara bersamaan

Nah... fitur safe mode ini diyakini mampu untuk menghilangkan file-file yang terinfeksi virus maupun malware, sehingga dapat meningkatkan kinerja dari pada Smartphone Android itu sendiri.

Demikianlah Fungsi yang Tersembunyi dari Tombol Power Android yang mungkin belum Anda ketahui. Sekian dan Semoga bermanfaat.

TerimaKasih.