Cara Mengatasi Layar Sentuh Android yang tidak Sensitif dan Responsif

Cara Mengatasi Layar Sentuh Android yang tidak Sensitif dan Responsif - Layar Sentuh atau yang biasa kita kenal dengan istilah Touch Screen adalah merupakan sebuah perangkat input "dalam hal ini Smartphone Android" yang dapat bekerja dengan adanya sentuhan tampilan layar menggunakan jari maupun S Pen / Stylus Pen (Pena Digital).

Mengatasi Layar Sentuh Android yang tidak Responsif

Jenis-jenis Layar Sentuh Smartphone Android


Banyak jenis Layar Sentuh (Touch Screen) yang digunakan pada Smartphone Android, seperti: TFT LCD, IPS LCD, OLED, AMOLED dan yang sekarang lagi tren SUPER AMOLED. Dari beberapa jenis Layar Sentuh tersebut tentunya memiliki tingkat kwalitas yang berbeda-beda, mulai dari tingkat resolusinya hingga tingkat kesensitifannya.

Baca juga: Cara Membuka Kunci Pola Layar yang Lupa di Android

Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa Layar Sentuh (TouchSreen) yang digunakan pada Smartphone Android memiliki tingkat sensitif yang sangat responsif apabila tersentuh jari maupun Pena Digital. Namun perlu Anda ketahui bahwa Layar Sentuh yang terlalu sensitif akan memberikan efek yang kurang baik, begitu juga sebaliknya jika Layar Sentuh yang tidak Sensitif juga akan menimbulkan permasalahan.

Masalah yang Sering Terjadi di Android


Nah... dari kedua permasalahan diatas, yang bisa dikatakan paling sering dialami oleh para pengguna Smartphone Android adalah tidak sensitifnya Layar Sentuh alias kurang responsif. Dengan demikian wajar saja jika banyak para pengguna Smartphone Android yang mengeluh dan kesal akan hal ini.

Oleh sebab itu HandRoot mempunyai inisiatif untuk membuat artikel ini yang mudah-mudah bisa mengobati keluhan dari para pengguna Smartphone Android yang mungkin saat ini sedang mengalami masalah pada Layar Sentuh Androidnya yang tidak lagi Sensitif alias kurang responsif.

Mengatasi Layar Sentuh yang tidak Sensitif


Dan berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi masalah Layar Sentuh atau Touch Screen di Smartphone Android yang tidak lagi Sensitif alias tidak Responsif:

1. me-Restart Smartphone Android Anda

Mengatasi Layar Sentuh Android yang tidak Responsif
Langkah yang pertama ini tergolong sangat ampuh dan paling mudah dilakukan untuk mengatasi serta mengembalikan tingkat Sensitif pada Layar Sentuh Android agar kembali responsif. Karena dengan me-Restart Smartphone Android Anda, maka sistem akan kembali bekerja secara normal seperti sedia kala.

Baca juga: Mengatasi Android yang Restart Sendiri

2. Membersihkan dan Melegakan Memori RAM Android

Mengatasi Layar Sentuh Android yang tidak Responsif

Pemakaian RAM yang terlalu penuh juga menjadi salah satu pemicu terjadinya Layar Sentuh tidak lagi Sensitif dan Responsif. Oleh sebab itu kita harus sering-sering melakukan bersih-bersih guna menjaga memori RAM agar tetap lega dan tidak cepat penuh. Nah... untuk membersihkan dan melegakan memori RAM bisa dengan cara menggunakan aplikasi pembersih RAM seperti Smart Booster atau dengan cara menonaktifkan aplikasi-aplikasi yang sekiranya berjalan di belakang layar (Background).

Baca juga: Mengatasi Memori Internal yang Kecil di Android

3. Meng-Kalibrasi Layar Smartphone Android

Mengatasi Layar Sentuh Android yang tidak Responsif

Maksud dari kalibrasi layar disini adalah suatu proses untuk mengembalikan layar sentuh ke tingkat setingan awal (pabrik). Artinya jika Anda melakukan kalibrasi layar, maka tingkat kesensitifan pada layar sentuh Smartphone Android Anda akan kembali responsif seperti baru lagi. Nah... bagi pengguna Smartphone Android yang tidak dilengkapi dengan fitur Kalibrasi Layar, Anda bisa menggunakan aplikasi untuk meng-Kalibrasi Layar Android dari pihak ketiga yang banyak tersedia di Play Store.

Demikianlah cara mengatasi maupun mengembalikan Layar Sentuh pada Smartphone Android yang sudah tidak lagi Sensitif dan juga Responsif. Sekian dan Semoga bermanfaat.

TerimaKasih.