Ganti Tombol Power Android Anda dengan Fitur Tap To Wake

Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa tombol power yang ada pada sebuah perangkat Android baik itu Tablet maupun Smartphone memiliki fungsi yang sangat penting dan salah satunya adalah untuk menghidupkan dan mematikan perangkat Android itu sendiri.

Sebenarnya selain untuk menghidupkan dan mematikan, tombol power Android ini memiliki banyak fungsi. Namun pada artikel kali ini bukan untuk membahas mengenai fungsinya melainkan bagaimana caranya agar tombol power yang ada pada perangkat Android Anda tidak mudah (cepat) rusak alias awet.

Ganti Tombol Power Android Anda dengan Fitur Tap To Wake
Nah... kerusakan yang terjadi pada tombol power Android sebenarnya merupakan hal yang wajar, kenapa? Ibarat kata begini: yang namanya barang apapun bentuknya jika kita gunakan secara terus-menerus pastinya akan lebih cepat aus alias rusak.

Maka dari itu coba Anda banyangkan, berapa kali Anda menekan tombol power untuk menghidupkan dan mematikan perangkat Android Anda dalam sehari, seminggu, sebulan bahkan setahun? Tak terbanyang bukan? Jadi wajar saja jika banyak pengguna Android yang merasakan tombol powernya cepat rusak.

Ganti Tombol Power Android Anda dengan Fitur Tap To Wake

Nah... pada kesempatan kali ini HandRoot akan berbagi sebuah Tips untuk mencegah dan memperkecil terjadinya kerusakan pada tombol power dengan cara meng-Ganti Tombol Power Android Anda dengan Mengaktifkan Fitur Tap To Wake.

Lalu apa yang dimaksud dengan Fitur Tap To Wake? Tap To Wake adalah sebuah fitur Android yang berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan layar (on-off screen) tanpa perlu menggunakan tombol power. Fitur ini hadir bersamaan dengan munculnya Android versi KitKat 4.4 hingga versi Marshmallow yang sekarang beredar.

Baca juga:
Cara Upgrade OS Android ke Versi Terbaru
- Cara Mengatasi Pola Kunci Layar Android yang Lupa atau Terblokir

Lalu bagaimana cara untuk mengaktifkannya (menggunakan) fitur Tap To Wake ini di Android? Silahkan Anda ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

# Buka perangkat Android Anda seperti biasanya
# Kemudian cari dan buka menu Pengaturan
# Lalu cari dan buka menu Gesture
# Maka akan muncul menu baru, lalu pilih Tapping Wake dan ketuk Aktifkan
# Terakhir silahkan Anda test dengan mematikan layar terlebih dahulu kemudian ketuk layar perangkat Android Anda 2x dengan jari dan jika layar menyala berarti sudah Selesai.

Nah... jika perangkat Android Anda tidak memiliki fitur Tap To Wake ini, saya harap jangan berkecil hati. Karena Anda masih bisa menikmati fitur ini dengan cara menggunakan aplikasi dari pihak ketiga yang bisa Anda dapatkan di Play Store, seperti: KockOn, Tap Screen Wake Up dan lain sebagainya.

Sekian dan TerimaKasih.