Cara Mempercepat microSD Card guna Meningkatkan Kinerja Android

Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa microSD maupun SD Card merupakan sebuah kartu memori tambahan (eksternal) yang bisa dipasang dan dilepas di perangkat Android. Sedangkan fungsi dari memori eksternal (microSD) itu sendiri saya yakin Anda sudah pada tahu bukan? Jadi yang akan HandRoot bahas kali ini bukan mengenai fungsinya melainkan bagaimana Cara Mempercepat microSD guna Meningkatkan Kinerja Android.

Mempercepat microSD untuk Android
Nah... mungkin juga sampai saat ini masih banyak pengguna SmartPhone Android yang belum tahu bahwa microSD ini juga sebenarnya mempunyai peran yang lumayan penting yang dapat mempengaruhi performa dan kinerja daripada perangkat Android itu sendiri. Oleh sebab itu mari kita cari tahu kenapa microSD ini bisa berpengaruh pada kinerja Smartphone Android.

microSD Mempengaruhi Kinerja Android

Apakah Anda pernah mengeluhkan atau pernah mendengar keluhan dari seorang Teman pada saat membuka salah satu file maupun data yang tersimpan di memori eksternal (microSD) pada perangkat Android terasa berat bin lama alias lelet bin lemot? Jika "BETUL" inilah yang menjadi salah satu bukti bahwa microSD dapat mempengaruhi performa dan kinerja dari Smartphone Android Anda.

Baca juga: Cara Optimalkan Memori Internal Kecil di Android

Coba Anda bandingkan dengan membuka salah satu file maupun data yang tersimpan di memori internal, saya jamin sistem pada perangkat Android Anda akan lebih cepat dalam mengakses data tersebut. Nah... sesampainya disini saya rasa Anda sudah mengerti alasannya kenapa mempercepat microSD pada perangkat Android itu diperlukan.

Speed Class microSD

Sebenarnya microSD sendiri sudah memiliki standar kecepatan atau yang biasa kita kenal dengan istilah speed class maupun class.
Mempercepat microSD untuk Android
Berikut daftar class microSD yang saat ini banyak beredar dipasaran;
# microSD class 2 memiliki speed 2 MB/s
# microSD class 4 memiliki speed 4 MB/s
# microSD class 6 memiliki speed 6 MB/s
# microSD class 8 memiliki speed 8 MB/s
# microSD class 10 memiliki speed 10 MB/s
Diantara class yang ada saat ini, microSD class 10-lah yang paling cepat dalam melakukan proses transfer data. Dan untuk mengetahui class dari microSD yanh Anda gunakan, silahkan Anda lihat icon yang menyerupai huruf C yang di dalamnya terdapat angka yang menunjukan Class dari Micro SD tersebut.

Faktor microSD menjadi Berat (Lelet)

Nah... yang sering menjadi pertanyaan disini, kenapa pada saat saya membuka file maupun data yang tersimpan di microSD masih terasa berat, padahal saya menggunakan microSD class 10? Sepengetahuan saya microSD akan menjadi terasa berat jika kapasitas penyimpanan sudah melebihi 80% alias penuh.

Cara Mempercepat microSD guna Meningkatkan Kinerja Android

Ada dua cara yang akan HandRoot bahas untuk meningkatkan kecepatan kartu memori (microSD) guna mengoptimalkan performa dan kinerja daripada perangkat Android Anda.

#1. Format Ulang Kartu Memori (microSD)

Cara ini dipercaya dapat meningkatkan kecepatan microSD dan paling mudah untuk dilakukan. Namun sebelum Anda melakukan Format Ulang, sebaiknya backup terlebih dahulu isi dari kartu memori Anda, karena data yang tersimpan didalam kartu memori tersebut akan terhapus alias hilang.

Setelah proses backup selesai masukan kembali microSD kedalam slot kartu memori yang ada pada perangkat Android Anda, lalu masuk ke Menu Pengaturan dan cari Menu Penyimpanan lalu klik Format Kartu SD kemudian tunggu hingga proses selesai.

#2. Menggunakan Aplikasi SD Booster

Untuk meningkatkan kecepatan microSD dengan cara yang kedua ini, perangkat Android Anda harus sudah di ROOT terlebih dahulu.
SD Booster untuk Mempercepat microSD Android

Baca: Cara Aman Root Android Tanpa Laptop (PC)

Selanjutnya download aplikasi SD Booster di Play Store, instal lalu jalankan. Nah... pada aplikasi SD Booster ini, Anda hanya perlu mengatur besarnya nilai Cache dari mulai 128 KB hingga 8192 KB.

Nilai Cache yang disarankan guna mengoptimalkan kecepatan microSD adalah 256 KB, 1024 KB & 2048 KB. Setelah Anda menentukan besarnya nilai Cache, lalu beri tanda centang (ceklis) pada semua kolom yang ada, kemudian restart perangkat Android Anda.

Sekian dan TerimaKasih.