Cara Ampuh UpGrade OS Android ke Versi Terbaru lewat HP

Untuk judul pada artikel kali ini mungkin yang lebih tepatnya Cara UpDate OS Android ke Versi Terbaru kali ya? Soalnya pengertian dari kata UpGrade itu sendiri lebih cenderung ke peningkatan hardware (perangkat keras), sedangkan UpDate lebih cenderung untuk memperbarui perangkat lunak (software). Ya... kira-kira begitu deh sedikit penjelasan mengenai UpGrade dan UpDate he...he...

Cara Upgrade OS Android ke Versi Terbaru
Yang jelas pada kesempatan kali ini HandRoot ingin berbagi mengenai bagaimana cara meng-upgrade OS Android ke versi terbaru. Misalnya: dari OS Android versi lama (Jelly Bean) akan di UpGrade (UpDate) ke versi terbaru (KitKat). Maka dari itu, bagi Anda pengguna Tablet maupun Smartphone Android yang masih menggunakan OS Android versi lama saya harap jangan berkecil hati dulu ya?

Karena disini akan kita kupas hingga tuntas mengenai bagaimana cara mengubah Android dari versi lama ke versi yang lebih baru. Dengan demikian Anda sudah bisa menikmati fitur-fitur terbaru yang belum pernah ada di Android versi lama tanpa harus mengganti atau membeli HP keluaran baru.

Caranyapun tergolong sangat mudah, tidak perlu perangkat laptop maupun komputer (PC), hanya cukup dengan menggunakan perangkat Android yang akan di UpGrade (UpDate), Anda sudah dapat melakukannya.

Namun ada beberapa syarat yang wajib Anda penuhi sebelum melakukan proses UpGrade maupun UpDate. Dan jika syarat yang dimaksud tidak terpenuhi, bisa-bisa perangkat Android Anda akan menemui jalan buntu alias error he...he...

Baca juga: Pengguna Android Wajib Hal Ini

Berikut adalah beberapa syarat yang wajib Anda penuhi sebelum Anda melakukan proses upgrade maupun update pada OS Android versi lama;

# Syarat yang pertama BackUp terlebih dahulu data-data maupun file-file yang sekiranya Anda anggap penting. Bisa dengan menggunakan Aplikasi Backup Android, seperti: App Backup & Restore atau bisa juga dengan cara yg lebih mudah dan praktis, yaitu menggunakan kartu memori (SD Card).

# Syarat yang kedua sebaiaknya Anda pastikan kondisi Baterai pada perangkat Android terisi penuh (Full 100%), sebelum melakukan proses Upgrade. Atau jika Anda khawatir akan kehabisan daya baterai saat proses meng-Upgrade maupun Update bisa juga sambari di charge (dicas).

Baca juga: Cara Mencegah Baterai Android agar Tidak Mudah Kembung

# Syarat yang ketiga pastikan Jaringan Internet disekitar wilayah tempat tinggal Anda dalam kondisi lancar. Karena untuk melakukan proses upgrade maupun update itu melalui jalur OnLine, jadi membutuhkan koneksi internet yang selalu stabil dan berkecepatan tinggi. Jika tersedia sangat disarankan untuk menggunakan koneksi jaringan Wi-Fi.

# Syarat yang keempat pastikan Paket Data Internet (Kuota) Anda mencukupi untuk melakukan proses Upgrade. Karena dalam proses upgrade ini kita akan mendownload sebuah file yang lumayan besar, yaitu kisaran 200 MB hingga 300 MB. Oleh sebab itu kita harus mempersiapkan paket data internet dengan jumlah kuota yang lumayan besar juga (± 2 GB). Disarankan menggunakan paket data unlimited.

# Dan untuk syarat yang terakhir ini juga tak kalah penting dalam melakukan suatu proses upgrade pada OS Android, yaitu ruang penyimpanan (storage space). Disarankan ruang penyimpanan yang tersedia antara 512 MB s/d 1 GB.

Cara UpGrade / UpDate OS Android ke Versi Terbaru

Nah... setelah 5 syarat diatas sudah terpenuhi, kini saatnya kita langsung saja menuju cara upgrade OS Android ke versi terbaru;

Pertama-tama masuk ke menu Pengaturan (Setting) lalu pilih Tentang Perangkat (About Device) lalu pilih Perbarui Perangkat Lunak (Software Update) lalu klik Perbarui (Update) di lanjutkan klik OK.
Cara Upgrade OS Android ke Versi Terbaru
Jika memang tersedia Pembaruan Perangkat Lunak pada perangkat Android Anda, maka akan ada pemberitahuan yang disertai dengan petunjuk untuk melakukan proses upgrade. Selanjutnya Anda tinggal mengikuti petunjuk yang ada dan menunggu hingga proses upgrade selesai (± 5 hingga 15 menit).

Dengan demikian secara otomatis OS Android Anda sudah berubah menjadi OS Android Versi yang Terbaru. Sekian dan TerimaKasih.