Mengatasi Safe Mode yang Muncul di Layar Android

Mengatasi Safe Mode yang Muncul di Layar Android - Safe Mode atau yang jika diartikan kedalam bahasa Indonesia adalah Mode Aman. Lalu apa yang dimaksud dengan Safe Mode itu? Safe Mode adalah sebuah fitur android yang mulai diterapkan pada OS Android versi 4.1, dan berfungsi untuk membatu penggunanya membuat analisa sistem serta memperbaiki kesalahan didalam perangkat lunak tanpa bantuan dari aplikasi pihak ketiga.

Safe Mode Android
Smartphone Android akan masuk secara otomatis kedalam Safe Mode (Mode Aman) jika di salah satu aplikasi terdapat sistem atau file yang corrupt (korup/rusak), sehingga membuat smartphone tidak berfungsi dengan semestinya. Dengan adanya sistem atau file yang corrupt atau rusak inilah yang terkadang membuat smartphone sulit (susah) untuk dapat keluar dari fitur Safe Mode.

Nah... pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba berbagi cara untuk mengatasi atau mematikan fitur Safe Mode yang muncul di layar Smartphone Android Anda.

Dan berikut beberapa cara untuk Mengatasi Safe Mode yang Muncul di Layar Android;

# Cara pertama: me-Restart Perangkat

Untuk melakukan Restart pada Smartphone Android sangatlah mudah, tinggal tekan dan tahan tombol Power akan muncul menu Power lalu pilih tombol Restart (Mulai Lagi), maka secara otomatis smartphone akan melakukan booting, lalu tunggu hingga proses booting selesai.

Nah... jika berhasil Smartphone akan kembali normal yang menandakan sudah keluar dari fitur Safe Mode. Namun jika Safe Mode masih saja muncul di layar smartphone anda, maka saya sarankan untuk menggunakan cara yang kedua berikut ini.

# Cara kedua: Melepas Baterai

Sebelum anda melepas baterai, pastikan Smartphone dalam kondisi Off (mati), setelah itu buka cover bagian belakang lalu lepas baterainya, kemudian tunggu ± 30 detik, dengan tujuan agar daya baterai yang tersisa benar-benar habis. Nah...jika sudah menunggu ± 30 detik lalu pasang kembali baterai dan nyalakan Smartphone anda dengan menekan tombol Power On/Off, lalu tunggu hingga proses booting selesai.

Nah... jika berhasil Smartphone akan kembali normal yang menandakan sudah keluar dari fitur Safe Mode. Namun jika Safe Mode masih saja muncul di layar smartphone anda, maka saya sarankan untuk menggunakan cara yang ketiga berikut ini.

* Catatan: Perlu anda ketahui bahwa untuk mengatasi Safe Mode dengan cara melepas baterai hanya bisa dilakukan pada Smartphone yang baterainya bisa dilepas (removable) dan bagi Smartphone yang baterainya non-removable tentunya tidak bisa menggunakan dengan cara yang kedua ini.

# Cara ketiga: Menghapus/Mencopot Aplikasi

Mendownload aplikasi baru bisa saja menjadi salah satu faktor penyebab masuknya Smartphone kedalam fitur Safe Mode. Nah...langkah yang harus dilakukan adalah menghapus/mencopot aplikasi yang baru anda instal tersebut dengan cara: masuk ke menu Pengaturan > pilih dan buka menu Aplikasi atau Manager Aplikasi > pilih dan buka tab Download > lalu pilih dan ketuk Aplikasi yang akan dihapus. Selanjutnya anda tinggal me-Restart Smartphone dan tunggu hingga proses booting selesai.

Nah... jika berhasil itu artinya Smartphone anda sudah keluar dari Safe Mode. Namun jika Safe Mode masih muncul di layar, itu tandanya belum berhasil. Nah, saya sarankan untuk menggunakan cara yang keempat berikut ini.

* Catatan: Jika dalam satu waktu anda mendownload beberapa aplikasi secara bersamaan, maka hapus saja semua aplikasi tersebut. Dan jika belum berhasil, saya sarankan untuk mengahus semua aplikasi yang ada pada tab Download pada menu Pengaturan Smartphone anda.

# Cara keempat: Hapus Cache

Sebelum mengetahui cara keluar dari safe mode dengan cara menghapus cache, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu pengertian dari cache itu sendiri. Cache ini merupakan tempat penyimpanan sementara beberapa file dari semua data aplikasi yang sering dibuka (digunakan) oleh penggunanya. Cache juga bisa diartikan sebagai memori yang berukuran kecil yang bersifat sementara.

Nah...sekarang coba anda bayangkan jika Smartphone yang anda gunakan dari pertama kali beli hingga berbulan-bulan bahkan tahunan tanpa menghiraukan adanya penumpukan cache, berapa banyak cache yang tersimpan? Jika ini dibiarkan maka tak heran jika suatu saat terdapat file cache yang corrupt (rusak), sehingga membuat smartphone anda masuk kedalam dan sulit untuk keluar dari Safe Mode.

Nah...untuk dapat menghapus cache ini kita harus masuk ke menu Recovery Mode terlebih dahulu dan setiap smartphone memiliki cara yang berbeda-beda. Dan untuk mengetahui cara masuk ke menu Recovery Mode pada semua merk dan tipe hp android silahkan menuju kesini.

Setelah masuk ke menu Recovery Mode Android, silahkan anda pilih dan klik ' Wipe Cache Partition ' dengan begitu seharusnya smartphone anda sudah bisa keluar dari Safe Mode dan jika belum anda bisa menggunakan cara yang berikut ini.

# Cara kelima: Factory Reset

Sebelum melakukan proses Factory Reset, sebaiknya mem-backup terlebih dahulu jika tidak ingin kehilangan semua data-data penting yang ada pada smartphone anda. Karena dengan melakukan Factory Reset, Smartphone akan kembali baru seperti waktu pertama kali beli atau yang biasa disebut kembali ke setingan awal/pabrik.

Ada 2 cara untuk melakukan Factory Reset pada Smartphone Android;

1. Yang pertama: masuk ke menu Pengaturan > pilih dan buka tab Akun > pilih dan buka Cadangkan/ Reset > lalu klik Reset Data Pabrik.

2. Yang kedua: melalui menu Recovery Mode dan untuk mengetahui cara masuk ke menu Recovery Mode, silahkan anda buka tautan dibawah ini;
Cara Masuk Recovery Mode Semua Merk dan Tipe Android"
Sebenarnya untuk mengatasi keluar dari Safe Mode melalui Factory Reset ini, caranya sama persis dengan cara "Menghapus Cache" hanya saja yang dipilih pada menu Recovery Mode bukan "Wipe Cache Partition" melainkan "Wipe Data/Factory Reset". Dengan demikian saya jamin smartphone anda akan kembali normal dan bisa keluar dari Safe Mode.

Nah...demikianlah 5 cara untuk Mengatasi Safe Mode yang Muncul di Layar Smartphone Android, semoga bermanfaat.

NB; yang sudah pernah HandRoot lakukan untuk mengatasi Smartphone yang masuk kedalam safe mode hanya cukup sampai dengan cara yang ketiga, yaitu menghapus semua aplikasi download-tan.

Sekian dan TerimaKasih