Istilah yang Wajib Kamu Ketahui Bagi Pengguna Android

Tags

Istilah yang Wajib Kamu Ketahui Bagi Pengguna Android - Kali ini HandRoot akan mencoba berbagi informasi yang mungkin dapat membantu bagi para calon pengguna baru perangkat Android baik Smartphone maupun Tablet untuk mengetahui (mengenal) terlebih dahulu tentang apa saja istilah-istilah yang terdapat didalam perangkat tersebut secara detail. Nah... demikianlah kira-kira maksud dan tujuan dari info kali ini.

Berbicara mengenai Istilah yang Wajib Kamu Ketahui Bagi Pengguna Android, pastinya akan selalu ada yang baru. Dan ini dibuktikan pada versi-versi Android yang hingga kini terus melakukan pembaharuan, baik dari segi kinerja sistem operasinya (performa), penambahan fitur-fitur baru serta memperbaiki bug yang terdapat pada versi sebelumnya. Maka dari itu tak heran jika Android mempunyai banyak sekali istilah-istilah yang ada didalamnya, baik yang berkaitan dengan software maupun hardware. Dan berikut adalah informasinya.

Istilah yang wajib kamu ketahui buat pengguna Androis

Istilah yang Wajib Kamu Ketahui Bagi Pengguna Android;

# ADB (Android Debug Bridge):
Alat yang digunakan untuk command terminal di sistem android. Perintah dasar seperti : ADB Push (upload file ke sistem android), ADB Pull (download file dari sistem Android), ADB Install (install apk (paket installasi) file ke sistem android) ADB Shell Logcat Buat mengetahui proses yg terjadi diandroid, berguna banget saat experiment flashing rom.
# ADV (Android Virtual Device):
Merupakan Emulator untuk menjalankan OS android di PC dekstop maupun laptop under Windows ataupun Mac maupun Linux.
# AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode):
Jenis layar pada Smartphone/Tablet Android yang menampilkan gambar lebih cerah dan terang.
# ANDROID:
Sistem Operasi Open Source buatan Google yang diciptakan untuk Smartphone atau Tablet.
# ANDROID MARKET:
Tempat dimana seluruh aplikasi Android dapat didownload dan dari kebanyakan aplikasi yang tersedia bersifat gratis, sekarang berganti nama menjadi Google Play Store/Play Store.
# ANDROID SDK:
Merupakan paket starter yang berisi tools, sample code, dan dokumentasi penggunaan yang berguna untuk pengembangan aplikasi Android.
# AOSP (Android Open Source Project):
Saat kita mengatakan bahwa Android itu open source maka kita merujuk pada hal ini, tempat dimana source code untuk Android berada dan bisa diunduh serta dipakai oleh siapapun.
# APP2SD:
Mekanisme memindahkan data secara otomatis di /data/app di internal memory (yang berisi paket aplikasi apk file) ke / data/app di sdcard, dengan partisi yang serupa..yaitu ext2/ext3. Beta Sebuah versi percobaan, yang berarti belum sempurna.
# APK (.apk):
File ekstensi untuk Aplikasi Android.
# APPS (Apps):
Singkatan/Kependekan dari Applications.

# BACKUP:
Cadangan, bentuk media bisa jadi file, hasil copy dari file (mirror) image yang di ambil dari harddisk atau operating system dan bisa juga file dibuat oleh aplikasi backup untuk restore.
# BOOT:
Proses menghidupkan handheld.
# BOOTLOOP:
Keadaaan dimana proses booting suatu handheld terhenti dan tidak bisa masuk ke homescreen.
# BOOTLOADER:
Mode Internal pada Android dimana pada Mode ini kita bisa melakukan Flashing dan masuk kedalam Recovery Mode.
# BOOTLOADER MODE – (FASTBOOT load):
Tombol Camera + Power, pada mode boot ini, kita bisa meng-install image sebuah sistem yang ada/ ditaruh di SDcard dengan menekan tombol Power lagi.
# BRICK(ed):
Kondisi dimana device sudah tidak bisa di- recover, sehingga bisa dianggap seperti batu-bata (brick).
# BUG:
Permasalahan (error) yang terjadi pada sistem atau aplikasi di ponsel. Diibaratkan seperti bug (serangga) yang mengganggu.
# BUSYBOX:
Kumpulan command-command linux shell yang dipakai di sistem Android. Backup Cadangan, bentuk media bisa jadi file, hasil copy dari file (mirror) image yang di ambil dari harddisk atau operating system dan bisa juga file dibuat oleh aplikasi backup untuk restore.

# CACHE2SD:
Proses memindahkan/ menyimpan Cache dari ROM ke Sdcard.
# CLOCKWORK:
Pengembang dari aplikasi ClockworkMod, aplikasi ini berfungsi untuk memasang Mode Recovery pada Android
# CUPCAKE:
Nama dari versi OS Android 1.5.
# COSTUM ROM:
modifikasi dari ROM untuk menggantikan ROM asli dari Android.
# CWM (ClockWork Mod) RRECOVERY:
Aplikasi ini asalnya dibuat oleh Koush, untuk mengatur ROM di hp Android. Banyak kegunaan CWM ini salah satunya untuk membackup dan restore aplikasi, menghapus (wipe) data di sistem dan di cache (Dalvik). Biasanya diperlukan untuk menginstall (flashing) ROM baru, menjalankan atau mematikan Lagfix dari kernel Voodoo dsb.

# DATA2SD:
Mekanisme memindahkan otomatis semua data di /data/ internal memory ke /data/ di SD Card.
# DALVIK CACHE:
Cache yang berfungsi untuk mengoptimalkan seluruh file apk (aplikasi) pada Android.
# DONUT:
Nama dari versi OS Android 1.6

# ECLAIR:
Nama dari veri OS Android 2.0-2.1

# FACTORY RESTORE/RESET:
Opsi untuk mengembalikan setelan Android ke setelan awal/setelan pabrik. Proses ini mirip BIOS di komputer dimana kita bisa mengubah konfigurasi hardware di Android. Melalui Recovery mode kita juga bisa melakukan flashing ROM (mengganti OS), format data, sistem dan factory reset.
# FASTBOOT:
Mode pada Bootloader yang mengijinkan kamu untuk melakukan Flash Manual kedalam Android
# FC:
Kependekan dari “Force Close” istilah keren Indonesianya adalah “nge-hang”
# FLASHING:
Secara umumnya adalah penggantian versi firmware, bisa downgrade ato upgrade tergantung ketersedian firmware itu sendiri. Firmware Firmware sendiri dapat dikatakan sebagai versi dari operating system. Flashing Hanya dilakukan untuk advance user.
# FROYO:
Nama dari versi OS Android 2.2.

# GEOTAGGING:
Metode tag/pencatatan lokasi
# GINGERBREAD:
Nama dari versi OS Android 2.3.
# GMAIL:
Fasilitas Email gratis yang diberikan Google
# GMS (Google Market Services):
Tempat download aplikasi – aplikasi di Android (seperti apps store di iphone, appworld di BB).
# GOOGLE:
Merupakan mesin pencari (search engine)
# GOOGLE NOW:
Aplikasi asisten yang dapat membantumu untuk memberikan banyak informasi yang berada di sekitar kamu seperti lokasi, cuaca, jadwal film bahkan jadwal kencanmu.
# GOOGLE WALLET:
Fasilitas Google yang berfungsi untuk mengkoneksikan Kartu Kreditmu sehingga kamu dapat dengan mudah berbelanja di Play Store atau belanja online lainnya
# GORILLA GLASS:
Jenis kaca pada beberapa smartphone atau tablet android yang memiliki keistimewaan anti gores, anti panas, dan tidak mudah retak.. kaya hatiku..
# GPS:
Singkatan dari Global Positioning System atau kalo istilah Indonesianya menjadi Guwe Pasti Sampai. Yap GPS adalah alat yang dapat menditeksi dimana posisi kamu berada.
# GUI (Graphical User Interface):
Interface aplikasi yang lebih bersifat graphic (gambar).

# HACK:
Kegiatan memodifikasi/mengubah/menyesuaikan system dalam Android supaya sesuai dengan keinginan kita.
# HANDHELD (HH):
Telepon Genggam alias HP
# HARD RESET:
Opsi untuk membuat Device Android kembali ke pengaturan awal/pabrik dengan memformat setelan serta seluruh isi dari Internal dan Eksternal Memori (SD Card)
# HONEYCOMB:
Nama dari versi Sistem Operasi Android 3.0. Versi ini ditujukan khusus untuk Android tablet.

# ICE CREAM SANDWICH:
Nama dari versi Sistem Operasi Android 4.0.
# IMEI:
Kependekan dari International Mobile Equipment Identity. Adalah nomer seri yang dimiliki setiap device handphoe/tablet.
# IMAP (Internet Message Access Protocol):
Salah satu protocol untuk retreive email selain POP3.
# IPS:
Mungkin jika didalam pendidikan Sekolah Dasar IPS berarti Ilmu Pengetahuan Sosial, namun di istilah Android IPS ini Kependekan dari “in-plane switching.” yaitu teknologi layar terbaru yang lebih canggih dari LCD. IPS Screen ini anu.. bagus deh..

# JELLY BEAN:
Nama dari versi OS Android 4.1-4.2.

# KERNEL:
Adalah semacam pondasi untuk berdirinya sistem Linux.. Kernel ini digunakan pada Android karena OS Android ini berbasis Linux.. iya kan?
# KEYBOARD:
Alat musik wajib dalam suatu konser Dangdut Koplo, tapi di Android Keyboard adalah papan huruf untuk mengetik.. saya rasa semua udah tau.
# KEY LIME PIE:
Versi OS Android yang belum dirilis.
# KITKAT:
Nama dari versi OS Android 4.4

# LAUNCHER:
Aplikasi yang berfungsi untuk menata tampilan/display dari susunan aplikasi-aplikasi yang terpasang di Android. Launcher inilah yang menjadi Android kelihatan keren.
# LINUX:
Sistem Operasi Open Source yang menjadi dasar pengembangan OS Android.
# LIVE WALLPAPERS:
Wallpaper yang dapat bergerak-gerak.
# LOLLIPOP:
Nama dari versi OS Android 5.0
# LTE:
Kependekan dari “Long-Term Evolution.” Adalah teknologi komunikasi mobile yang levelnya diatas 4G. Di Indonesia baru sampai 3,5G kalo ndak salah,

# MARSHMALLOW:
Nama dari versi OS Android 6.0
# MTP:
Kependekan dari Media Transfer Protocol. Di desain oleh Microsoft yang berfungsi untuk melakukan file transfer yang lebih mudah dimana Android tidak perlu melakukan mouting pada Memori Eksternal sehingga memori Android jadi lebih aman. MTP ini menjadi fitur transfer file default untuk Android dengan OS Jelly Bean ke atas.
# MULTITOUCH:
Sebuah fitur touchscreen yang memungkinkan layar dapat menangkap lebih dari satu input sentuhan.

# NEXUS:
Codename atau Nama smartphone/tablet yang murni dikeluarkan Google meskipun Smartphone/tablet tersebut dibuat oleh perusahaan lain.
# NFC (Near-field communication):
memiliki fungsi menghubungkan handphone dengan device lain (handphone, alat pembayaran instan). NFC di Android saat ini dipakai bersamaan dengan Google Wallet sebagai alat pengganti kartu kredit.

# ODEX:
Dalam file sisten Android, aplikasi berbentuk paket dengan extensi APK. Paket aplikasi atau APK ini mempunyai file ODEX yang fungsi sebenarnya adalah untuk menghemat ruang penyimpanan. File ODEX ini sebenernya koleksi dari bagian dari aplikasi yang di optimalkan sebelum proses boot. Dengan begitu, adanya file ODEX akan mempercepat proses BOOT karena meload bagian dari aplikasi2 yang ada. Di sisi lain, adanya ODEX mempersulit proses hacking terhadap APK, karena beberapa bagian dari APK telah di extract dan berada di lokasi yang laen sebelum di eksekusi.
# OEM:
Kependekan dari Original Equipment Manufacturer. Istilahnya Sparepart Asli, bukan imitasi atau palsu.. kaya perhatianmu ke aku.
# OPEN SOURCE:
Software atau perangkat lunak yang Software which is liberally licensed to grant the right of users to study, change, and improve its design through the availability of its source code.
# OTA (Over The Air):
Kependekan dari “Over The Air” atau melewati udara. Adalah nama proses downloading atau updating aplikasi/sistem aplikasi pada Android secara online melalui koneksi internet. Dengan sistem OTA ini ngga perlu lagi nyolikin kabel ke PC buat instal atau update apps di Android.

# PIN:
Kependekan dari “Personal Identification Number” Adalah kode keamanan berupa angka.
# PROXIMITY SENSOR:
Sensor yang mampu mendeteksi keberadaan suatu benda yang mendekat tanpa perlu ada kontak fisik. Fungsi Proximity sensor di Android akan membuat layar hp meredup / mati saat didedekatkan ke wajah untuk menghemat baterai.
# PPI (Pixels per Inch):
Satuan untuk tingkat kerpatan pixel (density). Semakin besar angkanya berarti semakin banyak jumlah pixel setiap inchi berarti semakin baik tampilan grafik/gambar.

# QR CODE:
Adalah kode berbentuk titik hitam putih yang random, namun gambar yang totol-totol ini jangan disepelein lho, karena kalo di baca pake android bisa berisi link ke alamat web atau bisa juga untuk menjalankan aplikasi yang ada di Android.
# QVGA (Quarter Video Graphics Array):
Adalah layar yg beresolusi 240x320 piksel.

# RESET:
Adalah pengaturan ulang sistem seting pada Android supaya kembali pada pengaturan awal.
# ROM:
Kependekan dari Read Only Memory. Di Android terdapat juga istilah Costum ROM yang berarti ROM yang berisi Sistem Operasi yang telah di kostum sesuai dengan setelan yang diinginkan.
# RECOVERY MODE:
Mode operasi terpisah yang dapat kamu jalankan sebelum memasuki Sistem OS Android. Recovery mode ini bertujuan sebagai device administrator yang berfungsi salah satunya untuk mengganti ROM pada Android.
# ROOT:
Metode untuk membuka kunci pada operasi sistem Android supaya user menjadi superuser. Dengan menjadi superuser kamu dapat melakukan modifikasi lebih dalam pada sistem android.

# SDK:
Kependekan dari Software Development Kit. Adalah alat untuk membuat software atau aplikasi untuk para developer apps di Android.
# SOFT RESET:
Adalah mematikan atau menyalakan telepon, atau dengan melepas batere. Sedang hard reset juga diartikan sebagai factory reset, dan menghapus semua data di handheld kita.

# TEGRA:
Hardware Prosesor keluaran NVIDIA, untuk saat ini Tegra menjadi prosesor paling joss se jagat device Android yang ada di pasaran pada tahun 2013.
# TETHERING:
Membagi (share) akses internet yang ada di handphone Android ke device seperti hp, ataupun laptop  baik dengan kabel USB (Wired Tether) ataupun Wifi (Wireless Tethering).

# WVGA (Wide Video Graphics Array):
Adalah layar yg beresolusi 480x800 piksel.

# UI (User Interface):
Tampilan pada HH (sama seperti Interface).

Nah... demikianlah beberapa Istilah yang Wajib Kamu Ketahui Bagi Pengguna Android dan pastinya masih banyak lagi istilah-istilah yang lain yang mungkin belum bisa HandRoot informasikan kali ini. Mudah-mudahan HandRoot akan meng-update-nya lagi dilain kesempatan.

Sekian dan Semoga Bermanfaat.