Mengatasi Suhu Smartphone Android yang Cepat Panas

HandRoot - Terjadinya masalah pada smartphone android yang cepat panas, tentunya akan membuat kita menjadi tidak nyaman dalam menggunakan smartphone tersebut. Cepat panasnya sebuah perangkat elektronik, seperti; handphone maupun tablet baik itu, android, iphone, windows mobile, blackberry dan lainnya, sebenarnya merupakan hal yang wajar.

Penyebab dan Cara Mengatasi Android Cepat Panas
Tahukah anda bahwa sistem operasi android itu memiliki begitu banyak aplikasi dan game yang tersedia di Play Store. Terlebih jika aplikasi dan game tersebut bisa didapat dengan cuma-cuma alias gratis, pastinya kita sebagai pengguna cenderung untuk mendownload dan menginstallnya di smartphone kita.

Namun perlu anda ketahui, bahwa dibalik semakin banyaknya aplikasi dan game yang terinstall pada sebuah smartphone akan menimbulkan efek yang kurang baik pada performa dan kinerja smartphone itu sendiri, apalagi jika smartphone tersebut digunakan secara terus menerus pastinya akan menjadi cepat panas yang dapat menimbulkan error alias hang/crash.

Maka dari itu jangan pernah sesekali mengabaikan masalah suhu pada smartphone android anda yang menjadi cepat panas, bisa-bisa smartphone anda akan menjadi cepat rusak alias tidak dapat digunakan lagi. Oleh karena itu anda perlu mengetahui apa saja yang sekiranya menjadi penyebab dan bagaimana caranya untuk mengatasi suhu smartphone android yang cepat panas tersebut, diantaranya adalah;

#1. Baterai
Kerusakan pada baterai akan sangat berbengaruh pada kinerja smartphone itu sendiri, selain daya baterai yang cepat habis, smartphone anda juga akan menjadi cepat panas.
* saran mengatasinya;
Gantilah baterai smartphone anda dengan baterai yang baru dan perlu di ingat jangan pernah menggunakan smartphone ketika sedang melakukan pengisian daya baterai (charger), karena selain smartphone menjadi cepat panas, baterai juga bisa menjadi cepat rusak.

#2. Multitasking
Menggunakan aplikasi secara bersamaan atau yang biasa disebut multitasking, terlebih jika aplikasi yang berjalan dibelakang layar android (background) terlalu banyak, maka tanpa di sadari akan melebihi kapasita memori RAM, sehingga kinerja dari pada prosesor smartphone itu sendiri menjadi lebih berat dan menjadi cepat panas.
* saran mengatasinya;
Tutuplah semua aplikasi yang berjalan dibelakang layar android (background) dan hapuslah file-file sampah sesering mungkin melalui aplikasi pembersih android seperti; clean master

#3. Malware
Android merupakan sistem operasi terbuka (open source), sehingga banyak orang yang berpendapat bahwa smartphone android itu sangat mudah terserang malware. Nah...jika malware sudah menyusup masuk dan bisa menguasai sistem android, maka bisa-bisa akan berdampak pada kerusakan sistem hardware sehingga akan mempengaruhi kinerja dari pada smartphone itu sendiri dan berujung pada peningkatan suhu smartphone yang menjadi lebih cepat panas.
* saran mengatasinya;
Gunakan aplikasi anti malware, seperti; Malwarebytes Anti-Malware

#4. Jaringan Seluler (Sinyal)
Tanpa adanya jaringan seluler (sinyal) smartphone tidak bisa berfungsi dengan semestinya. Tetapi akan lain ceritanya jika kita berada disuatu tempat yang kurang mendapatkan sinyal bagus, all hasil daya baterai smartphone menjadi lebih cepat habis oleh kinerja prosesor dalam mencari sinyal serta akan meningkatkan suhu pada smartphone tersebut, sehingga menjadi cepat panas. Biasanya masalah seperti ini bisa terjadi jika smartphone anda digunakan untuk internatan. Ingat! terlalu lama menggunakan internet juga akan menyebabkan smartphone android anda menjadi cepat panas.
* saran mengatasinya;
Matikan koneksi data (internet) jika anda berada di tempat yang kurang bagus mendapatkan sinyal serta jangan terlalu berlebihan menggunakan koneksi data (internet).

#5. Debu
Perangkat smartphone akan mudah sekali kemasukan kotoran alias berdebu apabila sering digunakan di tempat-tempat terbuka seperti di jalan raya misalnya. Nah...cepat atau lambat, akan terjadi penumpukan debu yang masuk ke dalam smartphone melalui celah-celah lubang speaker atau melalui bagian respirator yang ada dibagian belakang casing. Dengan adanya penumpukan debu tersebut, maka akan menyumbat sirkulasi udara yang keluar masuk dari dalam smartphone sehingga akan menimbulkan hawa panas.
* saran mengatasinya;
Hindari pemakaian, menyimpan dan meletakkan smartphone ditempat-tempat yang sekiranya banyak debu.

Inti dari semua permasalahan suhu smartphone android yang cepat panas seperti yang sudah HandRoot bahas diatas adalah bagaimana kita merawat dan memperlakukan smartphone android itu sendiri.

Sekian dan Terima Kasih...semoga bermanfaat.