01 - Pengertian dan Fungsi Root serta Artinya pada Smartphone Android

Tags

Pengertian Fungsi dan Arti Root atau Rooting pada Smartphone Android - Berjuta orang memilih untuk menggunakan smartphone berbasis OS Android saat ini, kenapa? Karena selain harganya yang murah, kecanggihan fitur yang dimiliki smartphone android inilah yang menjadikan banyak orang berpaling dan memutuskan untuk beralih menggunakan smartphone berbasis OS Android.

Baca juga: Alasan kenapa orang memilih hp android

Dengan kecanggihan sistem yang dimiliki smartphone android, ternyata masih saja banyak pengguna yang merasa kurang puas akan hasil kinerja dari robot hijau tersebut dengan alasan sistem Android tidak bisa bekerja secara maksimal dan kurang sesuai dengan keinginan penggunanya.
Pengertian dan Fungsi Root atau Rooting Android
Nah, salah satu tips agar smartphone android yang anda miliki bisa bekerja secara maksimal atau sesuai dengan keinginan anda yaitu dengan cara melalukan Root atau Rooting pada sistem smartphone android anda. Waktu pertama kali mendengar istilah Root atau Rooting, pastinya akan muncul pertanyaan sebagai berikut;

- Apa yang dimaksud dengan Root atau Rooting? 
- Bagaimana cara melakuka Root atau Rooting?
- Apa fungsinya Root pada smartphone android?
- Apa kelebihannya jika melakukan Rooting?
- Lalu adakah kekurangannya jika kita melakukan Rooting pada smartphone android kita?

Pengertian dan Arti Root pada Android;

Root atau Rooting adalah sama dengan Jailbreak jika dilakukan pada iPhone, iPad dan iPod yaitu sama-sama melakukan upgrade pada Custom ROM. Kalau dijabarkan pengertian Root atau Rooting adalah suatu sistem yang memberikan kekuasaan tanpa batas (absolut) kepada penggunanya untuk dapat mengakses dan melakukan memodifikasi didalam sistem operasi berbasis android (linux). Jadi jika pengguna melakukan Root atau Rooting pada smartphone android miliknya, maka pengguna akan mendapatkan hak keistimewaan yang setara dengan android developer dalam melakukan pengembangan aplikasi android hingga dapat melakukan perombakan pada sistem operasi android sekalipun.

Artikel Terkait:


Fungsi dan Kelebihan Root pada Android;

Mari kita mengenal Fungsi dan Kelebihannya jika kita melakukan Root atau Rooting pada Smartphone Android. Root atau Rooting merupakan suatu cara untuk memiliki kebebasan didalam menggunakan atau menjalankan sebuah sistem smartphone android. Kebebasan yang dimaksud disini adalah pengguna dapat mengakses tanpa batas keseluruh aplikasi yang terdapat didalam sistem smartphone android. Atau dengan kata lain, jika kita melakukan Root atau Rooting pada Sistem Android, maka kita bisa memiliki kebebasan dalam merubah tampilan, menghapus aplikasi bawaan android, menambah dan meng-update data yang terdapat didalam sistem operasi android itu sendiri.

Root juga memiliki kekurangan, diantanya;

- jika smartphone android yang akan di-Root masih miliki garansi pabrik, maka jika anda melakukan Root masa garansi tersebut akan hangus alias sudah tidak berlaku.
- mudahnya terserang virus atau malware
- kemungkinan akan mengalami bootloop android. Yang dimaksud Bootloop adalah terjadinya masalah pada piranti lunak android pada saat kita akan masuk kedalam sistem atau dengan kata lain kegagalan dalam mengakses sistem yang mengakibatkan kita tidak dapat masuk ke menu home sehingga kita tidak dapat menggunakan smartphone android kesayangan kita.

Baca juga: Pengertian Bootloop dan cara mengatasinya

Nah...kira-kira sampai disini pembahasan mengenai pengertian, fungsi dan arti root pada smartphone android. Semoga dapat bermanfaat...
Sekian dan terima kasih.